Pemkot Ambon Dan Vlissingen Kerjasama Bangun Klinik Mata Di Tahun 2012

Written By Ambononline.com on Sabtu, 26 Februari 2011 | 10.59


AmbonOnline News | Ambon, 24 Februari 2011 | 16:04 WIT

 
PEMERINTAH Kota (Pemkot) Ambon bekerjasama dengan Yayasan Mata Vlissingen, Belanda, akan membangun klinik mata di kota ini. Proses pembangunan yang akan dilakukan 2012 mendatang merupakan bagian dari kerjasama Sister City antara Vlissingen dan Ambon yang telah terjalin selama beberapa tahun terakhir.
Hal ini dikemukakan Kepala Bagian (Kabag) Humas & Protokol Kota Ambon, P. Lekatompessy, S.Sos, M.Si dalam keterangan persnya usai mendampingi Walikota Ambon, Drs. M.J Papilaja, MS dalam pertemuan dengan Ketua Yayasan Klink Mata Vlissingen, dr. Dolfh, Selasa (22/2) di Balai Kota.

“Walikota Ambon setuju dengan pembangunan klinik mata di Ambon, dan telah bertemu dengan dr.Dolfh, ketua Yayasan Mata Vlissingen, untuk membicarakan rencana pembangunan tersebut,” ujar Lekatompessy.

Ia menjelaskan, dalam pertemuan tersebut, telah disepakati bahwa pembangunan gedung klinik ini akan ditanggung oleh Pemkot Ambon, sedangkan peralatan kesehatan dan tenaga medis termasuk dokter akan ditanggulangi oleh Yayasan Mata Vlissingen. Mengiringi semua rencana itu, akan dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (Mou) diantara kedua belah pihak.

“Karena rencana ini merupakan kerjasama, maka bangunan klinik akan disiapkan oleh Pemkot sedangkan pihak Vlissingen akan menyiapkan peralatan dan tenaga medisnya,” katanya.

Pemkot sendiri, kata Lekatompessy, telah menyiapkan lahan seluas 800 meter persegi yang terletak di Desa Passo Kecamatan Baguala, sebagai lokasi pembangunan. Sementara proses pembangunan, dijadwalkan akan mulai pada tahun 2012, mengingat anggaran pembangunan klinik ini masuk dalam Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) Kota Ambon tahun 2012.

“Karena APBD Kota Ambon tahun 2011 telah berjalan sehingga anggaran pembangunan Klinik ini akan dimasukan dalam APBD tahun depan. Lokasi pembangunannya di lahan milik Pemkot, namun desain gedungnya dirancang oleh tim teknis dari Belanda, yang nantinya akan disesuaikan dengan kondisi lahan yang ada,” bebernya.

Sebagai Tindak lanjut dari pertemuan tersebut, anggota Sterring Comite Sister City Vlissingen-Ambon yang diketuai oleh Assisten I Sekretaris Kota (Sekot) Ambon, D. Soukotta, SH, MH bersama Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Dinas Kesehatan Kota Ambon, akan mendampingi tim dari Yayasan Mata Vlissingen untuk meninjau lokasi yang telah disiapkan untuk pembangunan klinik dimaksud.

Tidak hanya itu, direncanakan pada bulan November mendatang, beberapa dokter ahli mata dari Vlissingen akan datang di kota ini dalam rangka memberikan pelatihan khusus bagi para dokter di Ambon.

“Sebelum klinik ini dibangun, maka rencananya pada bulan November nanti tim dokter ahli mata dari Vlissingen akan berkunjung ke Kota Ambon untuk memberi pelatihan khusus bagi dokter- dokter di daerah ini,” pungkas Lekatompessy.

Sebagaimana diketahui, tim dokter dari Vllisingen, Belanda, selama ini rutin mengadakan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat kota Ambon dan sekitarnya. Pelayanan kesehatan gratis berupa operasi katarak dan urologi ini merupakan salah satu wujud dari kerjasama tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Lain